Senin, 09 November 2015

Konfigurasi empat planet sejajar tampak di Indonesia


 
       Konfigurasi empat planet yang sejajar terdiri dari Bulan, Venus, Mars, dan Jupiter. 

Warga Indonesia dapat melihat empat planet dalam konfigurasi sejajar dengan mata telanjang, pada Minggu (08/11).

Konfigurasi tersebut disaksikan secara jelas di Kota Lhokseumawe, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, pada pukul 04.30 WIB.

Saiful MD, seorang wartawan di Lhokseumawe, mengatakan dia mengabadikan fenomena alam itu di Reservoir Pusong yang berhadapan dengan laut. Yang istimewa, menurutnya, pemandangan tersebut dapat dilihat tanpa bantuan teleskop sejak pukul 04.00 WIB hingga terbitnya matahari.

Empat planet yang sejajar itu, sebagaimana dituturkan dosen astronomi dari Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Tengku Ismail, terdiri dari Bulan, Venus, Mars, dan Jupiter.
Namun, Tengku Ismail menambahkan, konfigurasi tersebut tidak berdampak apa-apa terhadap Bumi.

Langka

Secara terpisah, Moedji Raharto, selaku pengajar jurusan Astronomi di Institut Teknologi Bandung sekaligus peneliti di Observatorium Bosscha, Lembang, mengatakan konfigurasi empat planet sejajar itu terbilang langka.

“Belum tentu terjadi setahun sekali atau bahkan 10 tahun sekali. Kalaupun nanti ada planet-planet lain yang konfigurasinya sejajar, komposisinya akan berbeda,” kata Moedji kepada wartawan BBC Indonesia, Jerome Wirawan.

Moedji menyebutkan konfigurasi tersebut dapat disaksikan warga Indonesia dari Sabang sampai Merauke pada Minggu (08/11) malam dan Senin (09/11) malam.
Namun, lanjut Moedji, komposisinya amat mungkin berubah karena pemandangan Bulan memudar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar